PENERAPAN STRATEGI BRANDING BUAH LOKAL UNTUK MENANGKAL PENETRASI BUAH IMPOR

Widiastuti, Wahyu (2012) PENERAPAN STRATEGI BRANDING BUAH LOKAL UNTUK MENANGKAL PENETRASI BUAH IMPOR. In: FIKOM UP CONFERENCE 2012 Strategic Communication In A New Media Culture, 26 Juni 2012, Universitas Pancasila Jakarta.

[img]
Preview
Text (Conference or Workshop)
Wahyu WidiProceeding.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perdagangan bebas memberikan peluang bagi buah impor untuk bersaing di pasar buah Indonesia. Bagi konsumen, ini merupakan hal yang positif karena berarti makin banyak pilihan barang yang dibutuhkan. Namun sebaliknya hal ini justru menempatkan buah lokal sulit bersaing dan ekspor tidak berkembang. Kekalahan kompetitif ini tidak saja disebabkan oleh tingkat kualitas barang yang dihasilan tetapi juga pada harga. Ditengah serbuan buah impor, pisang merupakan komoditi yang sangat strategis dalam menghadapi perdagangan bebas. Hal ini karena tanah dan iklim Indonesia sangat mendukung penanaman pisang serta karena negara pesaing tidak tertarik mengebunkan pisang secara serius. Apabila dihubungkan dengan potensi buah Provinsi Bengkulu, salah satu komoditi yang perlu digarap secara serius adalah Pisang Ambon Curup. Mengingat kenyataan bahwa buah lokal sangat rentan bersaing dengan buah impor maka perlu diimbangi dengan beberapa strategi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh produsen Pisang Ambon adalah melakukan branding atas produknya. Brand memiliki kekuatan untuk membantu penjualan. Melalui branding, produsen bisa melakukan upaya penetrasi pasar dan reinforce product atau jasanya. Namun usaha untuk membrandingkan Pisang Curup agar bisa dibedakan dengan pisang sejenis sepertinya masih perlu menempuh jalan yang panjang. Hal ini disebabkan belum terpenuhinya syarat yang dikemukakan oleh Keller dengan konsep Brand Report Card yang menyatakan bahwa brand harus konsisten. Untuk mencapai

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 13 Aug 2012 20:38
Last Modified: 13 Aug 2012 20:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item