UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ”ESSAY KAYA KONTEKS” MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA KONSEP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TALANG EMPAT (Classroon Action Research)

Chinta, Haria novi and Fransiska, Connie and Koto, Irwan (2007) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ”ESSAY KAYA KONTEKS” MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA KONSEP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TALANG EMPAT (Classroon Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-HAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (627kB)
[img] Text
IV,V-HAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Talang Empat Bengkulu Utara tahun ajaran 2006/2007, dengan tujuan untuk mengetahui (1) Penguasaan siswa menyelesaikan SKK, (2) hasil belajar konsep keseimbangan benda tegar. Untuk menerapkan tujuan tersebut, Penelitian tindakan kelasa (PTK) di terapkan dengan 3 siklus dan data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Instrumen pengumpulan data untuk mendeskripsikan penguasaan langkah-langkah penyelesaian SKK adalah (a) lembar kerja siswa dengan panduan penyelesaian SKK, (b) lembar observasi guru untuk mengetahui aktivitas guru, (c) Lembar tugas SKK untuk menentukan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk mengetahui hasil belajar dan lembar observasi guru untuk mengetahui aktivitas guru setiap siklus. Data dianalisis secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, ketuntasan belajar (%) dan daya serap (%). Hasil belajar pada materi keseimbangan partikel dan benda tegar diperoleh nilai rata-rata kelas 64, standar deviasi 12,45, ketuntasan belajar 64% dan daya serap 63,96% (siklus I). Hasil belajar pada materi titik berat diperoleh nilai rata-rata kelas 79,4, standar deviasi 14,1, ketuntasan belajar 76% dan daya serap 79,42% (siklus II). Hasil belajar pada materi menggeser dan mengguling diperoleh nilai rata-rata kelas 84,1, standar deviasi 4,77, ketuntasan belajar 100% dan daya serap 84,14% (siklus III). Sedangkan peningkatan aktivitas guru dilihat dari hasil lembar observasi guru yaitu 41 dengan kategori baik (siklus I), 46 dengan kategori baik (siklus II), dan 52,5 dengan kategori baik (siklus III).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 14:53
Last Modified: 05 Dec 2013 14:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item