PAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN “ACCELERATED LEARNING” MELALUI PENERAPAN LANGKAH KERJA “MASTER” PADA KONSEP ALAT OPTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU A (Classroom Action Research)

Cosmita, Herdianti and Medriati, Rosane and Nirwana, Nirwana (2007) PAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN “ACCELERATED LEARNING” MELALUI PENERAPAN LANGKAH KERJA “MASTER” PADA KONSEP ALAT OPTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU A (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-HER-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-HER-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

MASTER adalah enam langkah kerja yang disingkat dengan masing-masing fungsi dalam setiap langkahnya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan proses belajar fisika dengan pendekatan “Acclerated Learning” melalui langkah kerja “MASTER” pada konsep alat optik di kelas VIII A SMP N 6 Kota Bengkulu (2) Meningkatkan hasil belajar fisika dengan pendekatan “Acclerated Learning” melalui langkah kerja “MASTER” pada konsep alat optik di kelas VIII A SMP N 6 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 6 Kota Bengkulu sebanyak 34 orang siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan dari tes, lembar observasi, presentasi, penugasan, pekerjaan rumah, dan penilaian afektif psikomotorik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang konsep alat optik, hai ini ditunjukkan dengan data sebagai berikut: penilaian kognitif pada siklus I rata-rata nilai siswa 64,47, daya serap 64,47% dan ketuntasan belajar 44,11%, observasi aktivitas guru dengan rata-rata skor 41 (baik), aktivitas siswa dengan skor 39 (cukup), penilaian psikomotorik dengan rat-rata 8,5 (baik), penilaian afektif dengan rata-rata 9,7 (cukup). Penilaian kognitif pada siklus II rata-rata nilai siswa 68,95 daya serap 68,95% dan ketuntasan belajar 67,64%, observasi aktivitas guru dengan skor 56,5 (baik), aktivitas siswa dengan skor 52 (baik), penilaian psikomotorik 9,02 (baik), penilaian afektif 9,7 (cukup). Penilaian kognitif pada siklus III rata-rata nilai siswa 73,47 daya serap 73,47% dan ketuntasan belajar 94,11%, observasi aktivitas guru dengan skor 58 (baik), aktivitas siswa dengan skor 57,5 (cukup), penilaian psikomotorik 9,23 (baik), penilaian afektif 10,32 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 15:06
Last Modified: 05 Dec 2013 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3466

Actions (login required)

View Item View Item