PENGARUH KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS III IPA SMA NEGERI 4 BENGKULU

Susanti, Meti and Rohadi, Nyoman and Koto, Irwan (2007) PENGARUH KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS III IPA SMA NEGERI 4 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-MET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (123kB)
[img] Text
IV,V-MET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (348kB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan Dan 1 Ilmu Pedidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah pengaruh kecemasan fisik dalam menghadapi ujian akhir semester (UAS) terhadap prestasi belajar fisika, (2) mengetahui adakah pengaruh kecemasan psikologis dalam menghadapi ujian akhir semester (UAS) terhadap prestasi belajar fisika, dan (3) mengetahui adakah pengaruh kecemasan fisik dan kecemasan psikologis dalam menghadapi ujian akhir semester (UAS) terhadap prestasi belajar fisika. Populasi penelitian sebanyak 92 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas III IPA . Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel penelitian sebanyak 46 siswa dari kelas III IPA 1 , dan III IPA 2 . Jenis penelitian ini adalah Expost facto, dengan desain kelas tunggal. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi nilai UAS. Data dianalisis dengan korelasi Product Moment Pearsons, regresi linier dan ganda pada taraf signifikansi 5%, dengan menggunakan program excel 2002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kecemasan fisik dalam menghadapi UAS signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa sumbangan kecemasan sebesar 43,6 %, (2) Kecemasan psikologis dalam menghadapi UAS signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan kecemasan sebesar 49,2 %, dan (3) Kecemasan fisik dan kecemasan psikologis dalam menghadapi UAS signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan kecemasan sebesar 81,9 %. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh kecemasan dalam menghadapi ujian terhadap prestasi belajar fisika maka perlu penelitian lanjutan untuk menyelidiki faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 15:17
Last Modified: 05 Dec 2013 15:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item