UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CLIS (Children’s Learning In Science) PADA KONSEP CAHAYA DI KELAS VIII-E SMPN 5 KOTA BENGKULU

Echa, Apriani as and Nirwana, Nirwana and Dedy , Hamdani (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CLIS (Children’s Learning In Science) PADA KONSEP CAHAYA DI KELAS VIII-E SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Echa Apriani. FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ECHA APRIANI.AS (2009). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model CLIS (Children’s Learning In Science) Pada Konsep Cahaya Di Kelas VIII-E SMPN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009, dengan tujuan : 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada konsep cahaya melalui model pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science). 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan cahaya di kelas VIII-E SMP Negeri 5 Kota Bengkulu melalui penerapan model CLIS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data setiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi guru dan siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa, lembar penilaian psikomotorik dan lembar penilaian afektif untuk mengetahui perkembangan belajar siswa, serta hasil belajar fisika siswa setiap siklus. Data dianalisis secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata, daya serap siswa, dan ketuntasan belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil lembar observasi belajar siswa pada siklus I 36 dengan kategori cukup, pada siklus II 40 dengan kategori baik, dan pada siklus III 63 dengan kategori baik. Hasil Penilaian Afektif pada silus I 22,1 dengan kategori cukup, pada siklus II 24,5 dengan kategori baik, dan pada siklus III 30 dengan kategori baik. Hasil penilaian psikiomotorik pada siklus I 12 dengan kategori baik, pada siklus II 12,5 dengan kategori baik, dan pada siklus III 15 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I, pada aspek kognitif nilai rata-rata 64,4, daya serap 64,4 %, dan ketuntasan belajar 78,5%, pada siklus II, nilai rata-rata 70,5, daya serap 70,5%, dan ketuntasan belajar 83,3%, pada siklus III, nilai rata-rata 87,3, daya serap 87,3 %, dan ketuntasan belajar 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 19:58
Last Modified: 05 Dec 2013 19:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item