UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KONSEP TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI IPA D SMAN 2 KOTA BENGKULU

Pratikto, Haryono and Nirwana, Nirwana and Nyoman , Rohadi (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KONSEP TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI IPA D SMAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HARYO PRATIKTO FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

HARYO PRATIKTO (2009). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Konsep Teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009 dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada konsep teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009, 2) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada konsep Teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan data setiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1-8 Mei 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 25,6 (kategori baik) menjadi 28,6 (kategori baik) pada siklus 2. Hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik mengalami peningkatan namun tidak untuk aspek kognitif. Pada hasil belajar siswa aspek afektif, nilai rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif meningkat dari 9,5 (kategori baik) pada siklus 1 menjadi 11,1 (kategori baik) pada siklus 2. Pada hasil belajar siswa aspek psikomotorik, nilai ratarata hasil belajar siswa aspek psikomotorik meningkat dari 26,5 (kategori baik) menjadi 29,2 (kategori baik). Dan pada hasil belajar siswa aspek kognitif, nilai ratarata hasil belajar siswa aspek kognitif menurun dari 82,6 pada siklus 1 menjadi 73,5 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:03
Last Modified: 05 Dec 2013 20:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item