Rahman, Taufik and Connie , Fransisca and Andik , Purwanto (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI KELAS X.E SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Taufik Rahman Skripsi ok FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Taufik Rahman. 2009. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Reciprocal Teaching Pada Konsep Gelombang Elektromagnetik Di Kelas X.E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model reciprocal teaching pada konsep gelombang elektromagnetik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X.E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, lembar observasi dan tes akhir setiap siklus. Data tes dianalisis secara deskriptif dengan nilai rata-rata siswa, presentase daya serap secara kalsikal, dan presentase ketuntasan belajar. Hasil analisis menunjukkan hasil belajar siswa siklus I 65,31 dan pada siklus II 73,43. Daya serap kelassikal sebesar 65,31 % pada siklus I meningkat menjadi 73,43 % pada siklus II serta untuk ketuntasan belajar sebesar 65,62 % pada siklus I meningkat menjadi 87,5 % pada siklus II. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas X.E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 20:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 20:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3496 |
Actions (login required)
View Item |