PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU C

Maryanti, Trisna and Nirwana, Nirwana and Eko , Risdianto (2009) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU C. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TRISNA MARYANTI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Trisna Maryanti, 2009. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Alat-Alat Optik Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Bengkulu”. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran komputer berbasis PowerPoint pada konsep Alat-Alat Optik. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Reseach dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII C C sebanyak 36 siswa, 23 laki-laki dan 13 perempuan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika menggunakan media pembelajaran komputer berbasis PowerPoint dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bengkulu dengan rata-rata skor siklus I sebesar 11,82 (kriteria cukup), siklus II sebesar 15,16 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 17,79 (kriteria baik) dan meningkatkan hasil belajar siswa berupa pengetahuan dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 5,94, siklus II sebesar 6,80 dan siklus III sebesar 8,55. Daya serap siklus I sebesar 59,44%, siklus II sebesar 68,05% dan siklus III sebesar 85,55%. Ketuntasan belajar siklus I sebesar 11,11%, siklus II sebesar 44,44% dan siklus III sebesar 83,33%. Jadi, dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran komputer berbasis PowerPoint dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika pada Konsep Alat-Alat Optik Di Kelas VIII C C SMP Negeri 11 Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:24
Last Modified: 05 Dec 2013 20:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View Item View Item