PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH) 4

Putra Jaya, Z Aperi and Nirwana, Nirwana and Eko, Risdianto (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH) 4. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Z PDF FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Z Aperi Putra Jaya. 2009 Penerapan Pembelajaran Inquiri Terpimpin Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Optika Geometri Dan Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pada konsep optika geometri dan alat-alat optik dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X 4 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, (2) Untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah ini adalah siswa kelas X 4 SMA negeri 8 kota bengkulu yang berjumlah 39 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 24 4 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriftif dan mengacu pada keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 26 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik, dan meningkat lagi menjadi 31 pada siklus III dengan kriteria baik. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 66,66% meningkat pada siklus II menjadi 74,35% dan 87,18%. Hasil kinerja ilmiah siklus I diperoleh rata-rata sebesar 76,24, siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 80,09, dan 83,50 untuk siklus III. Keyword: pembelajaran inquiri, keaktifan siswa, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:31
Last Modified: 05 Dec 2013 20:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item