Gusra, Novaria and Amrul , Bahar and Hermansyah , Amir (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN METODE HEURISTIK DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA KONSEP HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA SMAN 1 SAROLANGUN 2. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
NOVARIA GUSRA FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar, hasil belajar kimia siswa, dan respon siswa terhadap penerapan metode heuristik dengan media powerpoint di kelas XI IPA SMAN 1 Sarolangun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPA 2 2 SMAN 1 Sarolangun tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi aktivitas digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan guru di kelas ketika proses belajar mengajar dengan menggunakan metode heuristik dan media powerpoint berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode heuristik menggunakan media powerpoint dapat meningkatakan aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam,dan penerapan metode heuristik menggunakan media powerpoint ini mendapatkan respon yang positif dari siswa. Hal ini dapat terlihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata skor 26 dengan kriteria cukup, siklus II adalah 33 pada kriteria baik dan pada siklus III adalah 35 berada pada kriteria baik. Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus IIII yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 64,79 pada siklus I; 72,46 pada siklus II; dan 76,43 pada siklus III. Daya serap siswa secara klasikal adalah 71,98 % pada siklus I; 72,46% pada siklus II; dan 76,43% pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 53,57% pada siklus I; 75% pada siklus II; dan 89,28% pada siklus III.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 20:49 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 20:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3511 |
Actions (login required)
View Item |