UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATERI BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA DI KELAS X SMAN 4 BENGKULU

FIrdaus, FIrdaus and Dewi , Herawaty and Nurul , Astuty (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATERI BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA DI KELAS X SMAN 4 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
F I R D A U S FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan frekuensi aktivitas belajar, hasil belajar dan respon positif siswa kelas X SMAN 4 kota Bengkulu dalam pembelajar Matematika dengan penerapan model pembelajaran ARIAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan , Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X C SMAN 4 Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 14 siswa lakilaki dan 22 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa, tes akhir siklus, dan angket respon positif siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rata-rata skor aktivitas siswa, rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar klasikal, dan persentase respon. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) cara penerapan model pembelajaran ARIAS sehingga dapat meningkatkan frekuensi aktivitas belajar siswa adalah : (a) guru membentuk kelompok belajar berdasarkan kemampuan akademik, (b) guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, (c) guru harus menyusun rencana aktivitas siswa, (d) guru harus memperhatikan langkahlangkah dalam melaksanakan model pembelajaran ARIAS ; (2) cara penerapan model pembelajaran ARIAS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah : (a) membangun rasa percaya diri siswa, (b) memberikan materi yang relevan dengan siswa, (c) meningkatkan minat belajar siswa, (d) memberikan penilaian, (e) memberikan rasa puas/bangga siswa dengan memberikan penguatan ; (3) penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan respon positif siswa dengan cara a) membiasakan siswa belajar dengan model pembelajaran ARIAS, (b) meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:37
Last Modified: 05 Dec 2013 21:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item