PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR PENEMUAN DARI BRUNER DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Rezeki., Misri and Zamzaili , Zamzaili and Fachruddin , Fachruddin (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR PENEMUAN DARI BRUNER DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
MISRI REZEKI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model belajar penemuan dari Bruner dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pondok Kelapa. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan menggunakan model penemuan dari Bruner sedangkan kelas kontrol pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk posttest yang diberikan pada kedua kelas sampel penelitian. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII A untuk melihat validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda butir tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran menggunakan model belajar penemuan dari Bruner dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya dilaksankan secara konvensional. Hal ini dapat dinyatakan berdasarkan hasil perhitungan uji t diproleh t = 2,2392 dan t hitung = 1.996 sehingga t tabel hitung > t dalam taraf signifikan 5%. Selain itu perbedaan hasil belajar juga dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata posttest. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata posttest-nya adalah 72,0 sedangkan nilai rata- rata posttest kelas kontrol adalah 63,8. Nilai ratarata kedua kelas sampel penelitian ini berbeda secara signifikan. tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:46
Last Modified: 05 Dec 2013 21:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item