ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KESEHATAN PT. K-LINK INDONESIA DI KOTA BENGKULU..

Yadi, Pefri and Sepriadi , Hery (2009) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KESEHATAN PT. K-LINK INDONESIA DI KOTA BENGKULU.. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
SKRIPSI PEFRIYADI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (443kB)

Abstract

PT. K-LINK Indonesia merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang bergerak dalam bidang produk kesehatan. Perusahaan ini berpusat di Jl. Prof. Dr. Saharjo, Jakarta Selatan, dengan induk perusahaan yang bernama K-LINK International Sdn Bhd, yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. PT. K-LINK Indonesia mempunyai cabang yang hampir mencakup seluruh provinsi di Indonesia, antara lain provinsi-provinsi yang ada di pulau Sumatra (Nangro Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bangkulu, Jambi, dan Lampung), serta di daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan juga mencakup cabang provinsi di pulau Irian. Hasil pra penelitian yang telah dilakukan, PT. K-LINK Indonesia memiliki produk-produk kesehatan yang lengkap, harga ataupun pelayanan yang diberikan berbeda dengan perusahaan produk kesehatan (kimia maupun herbal) yang telah lama memasuki pasar, khususnya di Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra penelitian yang menunjukan di kota bengkulu konsumen yang mengkonsumsi produk kesehatan dari PT. K-LINK Indonesia cukup banyak, dilihat dari total omzet penjualan produk kesehatan PT. K-LINK Indonesia yang ada di Kota Bengkulu pada tahun 2008 yang mencapai angka 6 miliar rupiah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dengan bantuan tenaga lapangan (enomorator) 10 orang, yang berisikan tentang pernyataan Produk, Harga dan Pelayanan kepada konsumen. Sampel diambil sebanyak 60 orang dari konsumen dan distributor yang pernah menggunakan Produk kesehatan dari PT. K-LINK Indonesia di Kota bengkulu. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pembahasan dengan menggunakan analisis menunjukan bahwa : 1. Pada dimendi Produk Dari ketiga item Produk yang diteliti, 2 item mempunyai nilai skor negatif dan satu item mempunyai nilai skor positif. Dengan demikian skor GAP pada dimensi Produk secara keseluruhan bernilai (4), artinya konsumen merasa puas (skala rata-rata, hal 30) dengan produk kesehatan yang ditawarkan oleh PT. K-LINK Indonesia di Kota Bengkulu. 2. Pada dimensi Harga Dari tiga item Harga yang diteliti, kesemuanya bernilai positif. Jadi secara keseluruhan skor GAP bernilai (5). Hal ini berarti Harga yang telah diberikan oleh perusahaan kepada konsumen lebih dari yang diharapkan konsumen, dengan demikian konsumen merasa sangat puas (skala rata-rata, hal 30) terhadap harga yang telah ditetapkan tersebut. 3. Pada dimensi Pelayanan Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 10 item Pelayanan yang telah diteliti, 6 item bernilai positif, yaitu: Ketepatan waktu pelayanan (4), Kecekatan dalam memberikan pelayanan (30), Kelengkapan fasilitas pendukung pelayanan (24), Kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen (3), Perhatian secara individu (8), dan kebersihan /kerapihan pelayanan (19). Sedangkan 4 item lainnya yaitu : Interaksi kepada konsumen (-10), Keamanan dan kenyamanan (-11), Pemahaman dan pengetahuan (-12), serta daya tanggap akan keluhan konsumen (-39), mempunyai GAP negatif, artinya konsumen tidak merasa puas. Jadi secara keseluruhan skor GAP pada dimensi Pelayanan bernilai (2), artinya konsumen merasa tidak puas (skala rata-rata, hal 30) terhadap bentuk Pelayanan yang telah diberikan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Produk dan Harga sesuai dengan harapan konsumen (konsumen merasa puas). Sedangkan pada variabel Pelayanan, konsumen tidak merasa puas. Tetapi, karena skor GAP hasil analisis keseluruhan (Final GAP) menunjukan nilai positif (4,472). Maka secara keseluruhan konsumen merasa sangat puas atas Produk, Harga dan Pelayanan yang diberikan oleh PT. K-LINK Indonesia di Kota Bengkulu. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi suatu masukan bagi perusahaan kedepannya agar lebih berbenah diri untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara lebih memberi perhatian yang tulus kepada setiap konsumen dan meningkatkan pengetahuan para distributor serta selalu melakukan evaluasi kerja mingguan dan bulanan dengan para up-line.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:50
Last Modified: 05 Dec 2013 21:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item