LAPORAN PENELITIAN TAHUN KE II : KAJIAN TENTANG LOCAL CONCEPT KETAHANAN PANGAN DAN PROBABILITAS TERJADINYA KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA (Studi pada Rumah Tangga Nelayan dan Petani Padi di Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu)

Sukiyono, Ketut and Septri, Widiono and Indra, Cahyadinata and Sriyoto, Sriyoto (2009) LAPORAN PENELITIAN TAHUN KE II : KAJIAN TENTANG LOCAL CONCEPT KETAHANAN PANGAN DAN PROBABILITAS TERJADINYA KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA (Studi pada Rumah Tangga Nelayan dan Petani Padi di Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu). Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Project Report)
Kajian Tentang Local Concept Ketahanan pangan.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang ketahanan pangan selama ini lebih difokuskan pada pengukuran ketahanan pangan rumah tangga, kaitan antara atribut rumah tangga dengan ketahanan pangan serta determinan faktornya. Ukuran ketahanan pangan rumah tangga yang sering digunakan lebih banyak digunakan indikator-indikator generik, seperti calorie intake (kecukupan kalori), kemiskinan, ketersediaan pangan dan sebagainya. Padahal, ketahanan pangan rumah tangga juga menyangkut dimensi sosial dan budaya masyarakat setempat, termasuk dimensi ekonominya. Di samping itu, penggunaan indikator generik sering tidak dapat menggambarkan keadaan sebenarnya ketahanan pangan rumah tangga, selain disebabkan oleh pengabaian dimensi sosial dan budaya, juga indikator generik yang ada atau yang diimplementasikan merupakan generalisasi. Oleh sebab itu, menemukenali dan merumuskan konsep lokal ketahanan pangan menjadi signifikan sehingga tidak saja dapat memperkaya indikator ketahanan pangan rumah tangga tetapi juga khasanah ilmu pengetahuan dan penelitian ketahanan pangan rumah tangga yang berwawasan sosial dan budaya. Lebih jauh, penelitian ini diharapkan dapat ditemukan kaitan antara atribut yang dimiliki oleh rumah tangga dengan kecenderungan terjadinya kerawanan pangan rumah tangga. Hal ini penting tidak saja untuk dapat dirumuskan suatu kebijakan ketahanan pangan yang lebih location specific tetapi juga dapat dijadikan referensi bagi peneliti-peneliti bidang ketahanan pangan dan kebijakan pangan berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 18 Aug 2012 08:36
Last Modified: 18 Aug 2012 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item