S., Rahmawati and Zamzaili , Zamzaili and Fachruddin , Fachruddin (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN LKS BERSTRUKTUR DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN LKS TAK BERSTRUKTUR DI KELAS VII SMP SERUNTING 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
RAHMAWATI S FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah hasil belajar siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional pada pokok bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP Serunting 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Serunting 1Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara total sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berstruktur sedangkan kelas kontrol pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan LKS tak berstruktur. Data hasil belajar pada pokok bahasan Garis dan Sudut diambil dengan instrument tes yang terdiri dari 25 butir soal objektif dengan 4 pilihan jawaban. Hasil ujicoba Postes diperoleh 14 butir soal valid dan 11 butir soal tidak valid, 4 soal yang termasuk kategori sukar, 19 soal sedang, 2 soal termasuk kategori mudah, 8 soal dengan daya beda tergolong baik, 5 soal dengan daya beda cukup dan 12 soal dengan daya beda jelek. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas dan Uji homogenitas. Uji normalitas menghasilkan kedua kelas sample berdistribusi normal. Dari perhitungan uji Fisher disimpulkan varians kedua kelas sama atau homogen. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh t = 3.38 dan t hitung = 2.00, sehingga H ditolak. Dilihat dari nilai rata-rata kelompok eksperimen 49.5534 dan kelompok kontrol 37.55742 maka hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional dengan taraf signifikan 5%. tabel 0
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 22:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 22:21 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3553 |
Actions (login required)
View Item |