Eka Putri, Su‟da and Sri, Adji Prabawa (2009) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERSENTASE SAHAM YANG DITAWARKAN KE MASYARAKAT, DAN PROFITABILITAS (ROE) TERHADAP UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEJ TAHUN 2004-2007). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (726kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, persentase saham yang ditawarkan ke publik dan profitabilitas (ROE) terhadap underpricing pada penawaran saham perdana (IPO). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel sebanyak 41 perusahaan yang listed di BEJ pada periode 2004-2007. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Pusat Data Pasar Modal Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling besar terhadap underpricing adalah persentase saham yang ditawarkan ke dengan nilai sebesar -0,371. Dengan persamaan regresi berganda sebagai berikut : Y = 0.639 - 0.0311 X1 - 0.361 X2 - 0.198 X3, dan secara bersama-sama memberikan sumbangan dalam mempengaruhi tingkat underpricing dengan nilai R2 sebesar 0.484. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, persentase saham yang ditawarkan ke masyarakat, dan profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 22:24 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 22:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3555 |
Actions (login required)
View Item |