STUDI TENTANG PERBANDINGAN PEMBERIAN LATIHAN SOAL BERJENJANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 01 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH

Nofriyani , Wiwit and Zamzaili , Zamzaili and Dewi , Herawaty (2009) STUDI TENTANG PERBANDINGAN PEMBERIAN LATIHAN SOAL BERJENJANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 01 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
WIWIT NOFRIYANI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan pemberian latihan soal berjenjang dan pemberian latihan soal biasa pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. (2) Untuk mengetahui perbandingan respon siswa dengan pemberian latihan soal berjenjang dan pemberian latihan soal biasa pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilaksanakan mulai 24 Februari 2009 sampai dengan 16 April 2009. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pemberian latihan soal berjenjang sedangkan kelas kontrol pembelajarannya dilaksanakan dengan pemberian latihan soal biasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes akhir (postes) dan angket kepada kedua kelas sampel. Data dianalisiss dengan menggunakan uji t-student. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa data dari kedua kelas sampel berdistribusi normal. Dari uji homogenitas dengan menggunakan uji varians, kedua kelas sampel homogen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t (postes) adalah 4.9205, sedangkan t adalah 1.99 pada taraf signifikan 5%. Kriteria pengujian adalah: Terima H Hitung 0 Tabel jika t hitung terletak antara -1,99 dan 1,99 dan tolak H jika t mempunyai harga-harga lain, yang artinya ” Terdapat perbedaan hasil belajar antara pemberian latihan soal berjenjang dengan pemberian latihan soal biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah”. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pemberian latihan soal berjenjang lebih tinggi dari pada hasil belajar pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk angket respon siswa, diperoleh t ’ Hitung 0 adalah 1.879 dan t ’ Tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1.99. Ini berarti Ho diterima karena, t < t < t (1-α )(n - 1) atau -1,99 < 1,879 < 1,99 yang artinya “tidak terdapat perbedaan respon antara pemberian latihan soal berjenjang dengan pemberian latihan soal biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah”. (1-α )(n - 1)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 22:28
Last Modified: 05 Dec 2013 22:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item