ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA BIRO PERJALANAN BENGKULU ITE TOUR & TRAVEL

Murni, Trisna and yulius, Santoso (2009) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA BIRO PERJALANAN BENGKULU ITE TOUR & TRAVEL. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Bengkulu Ite Tour & Travel merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha jasa penjualan tiket pesawat, dengan nama perusahaan PT. Bengkulu Ite Tour & Travel. Perusahaan ini terletak dijalan Jend. Sudirman No. 56C Pintu Batu Bengkulu. Persaingan yang terjadi antara perusahaan sejenis membuat perusahaan mencari strategi untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Mengingat begitu besarnya pengaruh pelayanan sebagai faktor utama dalam meningkatkan dan mempertahankan pelanggan. Kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan para pengguna jasa biro perjalanan travel agent yang dilakukan para karyawan travel tersaebut. Kepuasan tersebut dapat ditampilkan dengan pembelian ulang produk tersebut, memberitahukan kepada teman dan tidak ada komplain atau keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada PT. Bengkulu Ite Tour & Travel. Alat analisis yang digunakan adalah SERQUAL yang terdiri dari lima dimensi yaitu Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (perhatian), dan Tangibles (berwujud/bukti langsung). Dimana analisis Serqual ini diukur dengan skala likert dengan perbandingan antara kinerja dengan tingkat harapan konsumen atau pelanggan dan ditentukan dengan menggunakan diagram kartesius untuk menentukan urutan yang diprioritaskan. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari 60 responden melalui penyebaran kuisioner. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling, dimana sampel yang diambil adalah konsumen atau pelanggan yang membeli tiket di Bengkulu Ite Tour & Travel. Secara umum nilai rata-rata harapan dengan kenyataan hampir mendekati 100%, sebesar 97,56%. viii Dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum responden merasa puas atas pelayanan dan kualitas yang diberikan PT. Bengkulu Ite Tour & Travel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:14
Last Modified: 05 Dec 2013 23:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item