PENERAPAN PENDEKATAN OPEN–ENDED SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA

Asnawati , Asnawati and Ansyori , Gunawan and Resnani, Resnani (2009) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN–ENDED SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
skripsi Asnawati FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Babatan Seluma melalui penerapan pendekatan open-ended pada pokok bahasan pecahan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Babatan Seluma. Instrumen yang dilakukan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, daya serap dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 18,5 termasuk kategori kurang, aktivitas siswa 20,5 kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata 62,84, daya serap 62,84% dan ketuntasan belajar klasikal 30,00%; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 29 termasuk kategori baik, aktivitas siswa 30,5 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata 70,27 daya serap 70,27% dan ketuntasan belajar klasikal 43,33%; (3) siklus III dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 32 termasuk kategori baik, aktivitas siswa 34 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata 76,71 daya serap 76,71% dan ketuntasan belajar klasikal 76,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendekatan openended dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 13 Babatan Seluma. Maka disarankan kepada guru matematika untuk menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran terutama pada pokok bahasan pecahan. Dalam penerapan pendekatan open-ended hendaknya guru dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran dimana siswa dilibatkan langsung dalam menemukan sendiri konsep-konsep awal dan bebas mengkomunikasikan ide-ide/pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:04
Last Modified: 05 Dec 2013 23:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item View Item