CARA BELAJAR SISWA YANG BERPRESTASI RENDAH PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI BERBASIS MASALAH (LESSON STUDY DI KELAS VIIIC SMPN 9 KOTA BENGKULU)

Anggraini, Yuliza and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) CARA BELAJAR SISWA YANG BERPRESTASI RENDAH PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI BERBASIS MASALAH (LESSON STUDY DI KELAS VIIIC SMPN 9 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Skripsi Yuliza Anggraini-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar siswa yang berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA- Biologi berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan dengan lesson study. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah 5 orang siswa yang berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu yang terdiri atas 4 orang siswa laki-laki dan 1 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data cara belajar siswa adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA- Biologi berbasis masalah di siklus II lebih aktif dibandingkan di siklus I. Pada tahap orientasi masalah, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II lebih aktif dibandingkan di siklus I. Pada tahap ini cara belajar siswa yang berprestasi rendah dikategorikan siswa belajar aktif yaitu membaca buku selintas dengan cepat, mencatat penjelasan guru secara ringkas, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan guru. Pada tahap organisasi belajar, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II sama aktif dengan siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif yaitu menjawab pertanyaan guru. Pada tahap penyelidikan, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II lebih efektif dibandingkan di siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif yaitu berdiskusi, membaca buku dari berbagai sumber, mencatat penjelasan guru secara ringkas, menggarisbawahi poin-poin penting, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan guru. Pada tahap pengembangan dan penyajian hasil karya, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II sama aktif dengan siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif yaitu membuat laporan, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan. Pada tahap analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II lebih aktif dibandingkan di siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif yaitu merangkum atau membuat ringkasan, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:17
Last Modified: 05 Dec 2013 23:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item