PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 04 PONDOK SUGUH (MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH)

Desriandi, Dodon and Sri , Dadi and Rita , Sinthia (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 04 PONDOK SUGUH (MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Dodon Desriadi FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS di kelas V SDN 04 Pondok Suguh dengan menerapkan PAIKEM melalui metode pemecahan masalah; (2) Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dengan menerapkan PAIKEM melalui metode pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 04 Pondok Suguh; (3) Untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 04 Pondok Suguh dengan menerapkan PAIKEM melalui metode pemecahan masalah; (4) Untuk meningkatkan aktivitas guru pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 04 Pondok Suguh dapat ditingkatkan dengan menerapkan PAIKEM melalui metode pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III dan disetiap siklus terdiri dari dua kali petemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 04 Pondok Suguh yang terdiri dari 35 orang pada tahun pelajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 18,5 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 17 kategori baik, sedangkan nilai rata-ratanya 7,73, ketuntasan belajar klasikal yaitu 71,43%, dan daya serap klasikalnya 77,29%; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 23,25 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 18 kategori baik, sedangkan nilai rata-ratanya 7,93, ketuntasan belajar klasikalnya 87,15%, dan daya serap klasikalnya adalah 79,29%; (3) siklus III dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 29,25 kategori sangat baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 23,5 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-ratanya 8,2, ketuntasan belajar klasikalnya 95,74%, dan daya serap klasikalnya adalah 81,86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan PAIKEM melalui metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, aktivitas guru dan kualitas proses pembelajaran IPS di kelas V SDN 04 Pondok Suguh.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:21
Last Modified: 05 Dec 2013 23:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item