PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU

Efendi, Efendi and Wachidi, Wachidi and Yayan , Mulyana (2009) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Efendi FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Peneilitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran tematik dan ketuntasan belajar siswa kelas III SDN 65 Kota Bengkulu dengan penggunaan alat peraga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus melalaui perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 65 kota Bengkulu. Instrument yang digunakan terdiri dari non tes dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor,dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu; (1) siklus I dengan nilai rata-rata 6,57 untuk mata pelajaran IPA dan ketuntasan belajar klasikal 57,7%, 6,57 untuk mata pelajaran IPS dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 6,90%, 7,47 untuk mata pelajaran matematika dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 76,19%, 6,42 untuk mata pelajaran PKn dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 52,38%, dan 6,85 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 71,42%. sedangkan rata-rata skor observasi aktivitas guru 58,5 termasuk dalam kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 44,5 termasuk dalam kategori baik; (2) siklus II dengan nilai rata-rata 7,80 untuk mata pelajaran IPA dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 90,47%, 7, 69 untuk mata pelajaran IPS dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85,71%, 8,28 untuk matapelajaran matematika dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 95%, 8,19 untuk mata pelajaran PKn dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 95%, 7,69 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85,71%. sedangkan rata-rata skor observasi aktifitas guru 70 termasuk dalam kategori baik sekali dan rata-rata skor observasi aktifitas siswa 50,5 temasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga pada pembelajraan tematik dapat meningkatkan kualitas pebelajaran tematik. Disarankan kepada guru dalam mengajar tematik penggunaan alat peraga dapat menjadi salah satu pelengkap dalam pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:25
Last Modified: 05 Dec 2013 23:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item