UPAYA MENINGKATKAN HASIL MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Yuliana, Eva and Lukman, Lukman and Nani , Yuliantini (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VA SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Eva Yuliana FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dan rendahnya hasil menulis karangan eksposisi siswa kelas VA SD Negeri 69. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi serta peningkatan hasil menulis karangan eksposisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VA di SD Negeri 69 kota Bengkulu melalui penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas VA SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil karangan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data obsevasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 (71,8) dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 36,5 (93,6) dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 (76,6) dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh ratarata skor 28 (93,3) dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes menulis karangan eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata 67,82 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 44,12% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 91,18%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:37
Last Modified: 05 Dec 2013 23:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item