PERANAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI KOTA BENGKULU

Debi Wijaya, Welson and Sugeng, Suharto and Loesida , Roeliana (2009) PERANAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Welson Dedi-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi, selanjutnya mendeskripsikan tentang peranan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru di Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan terhadap peranan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan menunjukkan bahwa perencanaan Diklat, pelaksanaan Diklat dan evaluasi dan monitoring telah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan Diklat yang telah ditetapkan di dalam Pedoman Penyelenggaraan Diklat. Pelaksanaan Diklat secara umum telah terlaksana dengan baik, hanya saja pada proses perencanaan perlu direncanakan sesuai dengan empat tahap dasar perencanaan, yaitu menetapkan tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan dan mengembangkan rencana. Selanjutnya pada proses pelaksanaan Diklat kurang disiplinnya panitia, instruktur dan peserta dalam melaksanakan kegiatan, seperti jadwal kegiatan yang sering diundur, pengecekan konsumsi yang hanya sesekali dan masih adanya instruktur yang tidak menggunakan multimedia komputer dalam proses pembelajaran. Kemudian pada proses evaluasi dan monitoring telah terlaksana dengan baik, hanya pada proses evaluasi, yaitu tahapan pretest yang dilakukan sesekali dan kegiatan monitoring dilaksanakan setiap tahun oleh Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi yang dilakukan di lapangan dengan mengisi instrumen yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mengemukakan saran hendaknya pada proses perencanaan Diklat LPMP Bengkulu melaksanakan tahapan perencanaan mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan dan mengembangkan rencana dan pada proses pelaksanaan Diklat untuk tahap kegiatan kepanitiaan hendaknya panitia Diklat selalu melakukan pengecekan konsumsi, hal ini berguna untuk menghindari komplain dari peserta Diklat. Kemudian untuk kegiatan pembelajaran diharapkan untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap panitia Diklat, instruktur dan peserta Diklat. Selanjutnya kepada widyaiswara untuk selalu melatih kemampuan dan kompetensinya dalam memberikan pelayanan dan bimbingan terhadap peserta Diklat. Dalam proses evaluasi dan monitoring, hendaknya pada kegiatan pembelajaran selalu melaksanakan pretest disetiap kegiatan pembelajaran. Hal ini berguna untuk melihat seberapa jauh pemahaman peserta Diklat tentang materi yang akan disampaikan dan instruktur dapat melakukan penjaringan materi mana yang akan ditekankan pada peserta Diklat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 08:22
Last Modified: 06 Dec 2013 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item