ANALISIS PEMBERIAN INSENTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEPAHIANG

Erwinda, Yulita and Kahar, Hakim and Mirza, Yasben (2009) ANALISIS PEMBERIAN INSENTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
YULITA ERWINDA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (960kB)

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia masih sangat memprihatinkan, hal ini dapat dilihat dari hasil riset UNDP yang menempatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia pada peringkat ke-100 dari 172 Negara. Dapat diasumsikan bahwa penyebab rendahnya kualitas Sumber daya Manusia di Indonesia diakibatkan karena tidak adanya kegairahan dan penyemangat yang dapat memotivasi para pegawai. Rendahnya gairah kerja dan motivasi bagi para pegawai dapat berdampak pada rendah kualitas pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari adanya indikasi masyarakat masih tetap memberikan ‘uang rokok’ atau biaya ekstra baik itu atas inisiatif dari penerima maupun penyedia layanan dan penggunaan jasa perantara setiap berhubungan dengan pejabat birokrasi untuk mengurus pelayanan terutama pelayanan sertifikasi tanah. Ini terjadi karena ketidak mampuan sebagian besar masyarakat untuk memenuhi ‘aturan main’ yang dibuat oleh birokrasi ketika mengurus suatu pelayanan. Guna peningkatan kualitas Pelayanan pegawai, pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang telah berupaya semaksimal mungkin, salah satunya dengan cara pemberian insentif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Pemberian Insentif Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang.Adapun metode dalam penelitian ini adalah memakai metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang subyek penelitiannya adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang dan masyarakat pemohon sertifikat tanah hak milik. Dalam menentukan informannya menggunakan teknik purposive sampling, dimana yang menjadi sampelnya disini adalah 6 orang petugas penerbit sertifikat tanah dan 10 orang masyarakat pemohon sertifikat tanah hak milik dari beberapa profesi berbeda. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa pemberian insentif Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang sudah efektif, dilihat dari faktor keadilan dan kelayakan pembayaran. Tingkat kehadiran pegawai tinggi Namun pegawai menyelesaikan pekerjaannya tidak tepat sesuai dengan SPOPP namun pegawai tetap memberikan kepastian waktu penyelesaian meski tidak sesuai dengan SPOPP. target tidak tercapai dalam kuantitas, namun kualitas sertifikat yang diterbitkan baik. Walau Prosedur tidak sederhana, namun kinerja yang ditunjukkan oleh pegawai dapat dikatakan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 08:28
Last Modified: 06 Dec 2013 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item