UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ASSESMENT PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Hartati, Hartati and Bakri , Joti and Abdul, Muktadir (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ASSESMENT PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Hartati FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Hartati, 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Assesment Portofolio Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pebdidikan Universitas Bengkulu. Pembimbing utama Drs. Bakri Joti, M.Si dan pembimbing pendamping Drs. Abdul Muktadir, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan keaktifan belajar siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Berbasis Assesment Portofolio. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room research) yang terdiri dari siklus I dan II. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Selain tes di akhir pembelajaran, data tes juga berasal dari hasil tes portofolio yang berupa makalah, kliping dan LKS serta PR (Pekerjaan rumah). Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar tes, lembar observasi guru dan siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah rata-rata pada tindakan pra siklus 5,78 dengan persentase ketuntasan belajar 5,74%. Pada siklus I menjadi 7,06 dengan ketuntasan belajar 65,7% dan meningkat lagi menjadi 8,34 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 86,8%. Sedangkan untuk implementasi Assesment Portofolio pada penelitian ini dihasilkan nilai rata-rata siswa 8,17 dengan persentase ketuntasan belajar 94,7%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 33,5 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 37 dengan kriteria baik. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 34,5 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh 35,5 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Assesment Portofolio pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil dan keaktifan belajar siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:07
Last Modified: 06 Dec 2013 12:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item