PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 17) KOTA BENGKULU

Iswahyudi, Hery and Johanes, Johanes and Nur , Asni (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 17) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Hery Iswahyudi FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan siswa; dan (2) Bagaimanakah dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 45 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan melihat rata-rata nilai presentasi ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dilihat dari rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 11,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 23,5dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 17,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 26,6% dengan nilai rata-rata 6,17. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 80% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru IPS untuk menerapkan pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS agar prestasi dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:10
Last Modified: 06 Dec 2013 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item