PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 38 KOTA BENGKULU

Kusni, kusni and Endang , Widi Winarni and Herman , Lusa (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN 38 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Kusni FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 38 Kota Bengkulu melalui penerapan pembelajaran tematik model Quantum Teaching “TANDUR”. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor aktivitas guru 36,5 termasuk kategori baik, aktivitas siswa 24,5 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 7,33, Bahasa Indonesia 7,55, Matematika 6,80, IPA 7,29, dan IPS 7,35, daya serap untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 73,31%, Bahasa Indonesia 75,59%, Matematika 68,06%, IPA 72,95% dan IPS 73,52%, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 59,09%, Bahasa Indonesia 68,18%, Matematika 68,18%, IPA 65,18% dan IPS 83,36% (2) siklus II dengan rata-rata skor aktivitas guru 39 termasuk kategori sangat baik, aktivitas siswa 26 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 7,90, Bahasa Indonesia 8,12, Matematika 7,26, IPA 7,87, dan IPS 7,54, daya serap untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 79,06%, Bahasa Indonesia 81,20%, Matematika 72,61%, IPA 78,72% dan IPS 75,45%, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: PKn 79,54%, Bahasa Indonesia 81,81%, Matematika 84,09%, IPA 77,27% dan IPS 88,63%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tematik model Quantum Teaching “TANDUR” dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru SD kelas rendah untuk menerapkan pembelajaran tematik model Quantum Teaching “TANDUR”. Dalam penerapan pembelajaran tematik model Quantum Teaching “TANDUR” sebaiknya guru memberi bimbingan dan arahan secara jelas pada siswa untuk setiap tahap kegiatan sehingga siswa mampu melakukan kegiatan dengan baik sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:17
Last Modified: 06 Dec 2013 12:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item