PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TABA (INDUCTIVE THINKING) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 01 TEGALREJO MUSI RAWAS

Lilismawati, Lilismawati and Nani , Yuliantini and Lukman, Lukman (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TABA (INDUCTIVE THINKING) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 01 TEGALREJO MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Lilismawati FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan penerapan model Taba (Inductive thinking) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Apresiasi Cerpen dengan menggunaan model Taba (Inductive thinking) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 01 Musirawas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 01 Musirawas tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 23 perempuan. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, Lembar Tes. Analisis data observasi menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah dan kisaran nilai untuk tiap kriteria sedangkan data nilai akhir siswa menggunakan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I rata-rata skor observasi guru 28 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa 23 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 44,12 %. Pada siklus II diperoleh rata-rata skor observasi guru 36,5 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa 28 dengan kriteria baik dan untuk persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 91,18%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Taba dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 01 Musi Rawas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:23
Last Modified: 06 Dec 2013 12:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item