PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIA SDN 03 KOTA BENGKULU

Gustiana, Lusi and Riyanto, Riyanto and Sri , Dadi (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIA SDN 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Lusi Gusnita FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan lingkungan sdi kelas IIA SDN 03 Kota Bengkulu.yang dilaksanakan secara siklus persiklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SDN 03 Kota Bengkulu yang berjumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar observasi. Tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 47,75 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 49 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata yaitu IPA 7,16, IPS 6,96, MTK 7,21, BI 7,35 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu IPA 66,23%, IPS 64,1%, MTK 71,7%, BI 69,23% ; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 63,25 kategori sangat baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 63,5 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata IPA 7,55, IPS 7,6, MTK 7,98, BI 8,6 dan ketuntasan belajar klasikal IPA 79,48%, IPS 84,6%, MTK 87,7%, BI 82,05%. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IIA SDN. 03 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru sekolah dasar khususnya dalam mengajarkan pembelajaran di kelas rendah agar menerapkan pembelajaran tematik dan menggunakan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan lingkungan, hendaknya guru lebih memperhatikan siswa pada saat melakukan pengamatan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:27
Last Modified: 06 Dec 2013 12:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item View Item