PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Firmadina , Mailan and Herman , Lusa and Yayan , Mulyana (2009) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Mailan Firmadina FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan nilai atau prestasi belajar siswa dan meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran IPA di kelas VB SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Jenis yang dilakukan adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dikelas VB SD Negeri 19 Kota Bengkulu sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD negeri 19 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 33,5 dengan kriteria baik, pada sikus II rata-rata skor guru 36 dengan kriteria baik, dan rata- rata skor observasi siswa Siklus 1 sebesar 33,5 dengan kriteria baik dan siklus II 36. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes prestasi. Análisis data menggunakan: rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap kriteria. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada sklus 1 sebesar 68,57 dengan nilai rata-rata 6,97. pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 91,4%dengan ratarata meningkat menjadi 8,04. dengan demikiandapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pejaran IPA khususnya di kelas VB SD Negri19 kota bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:33
Last Modified: 06 Dec 2013 12:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item