PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEBUN SEKOLAH, ANTAR BIDANG STUDI MODEL JARING LABA-LABA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KECAMATAN SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO

Novitasari, Maya and Ansyori , Gunawan and Wurjinem, Wurjinem (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEBUN SEKOLAH, ANTAR BIDANG STUDI MODEL JARING LABA-LABA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KECAMATAN SUNGAI RUMBAI KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Maya Novitasari FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Rumbai Kab. Mukomuko melalui penerapan pembelajaran tematik berbasis kebun sekolah. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah apakah penerapan pembelajaran tematik berbasis kebun sekolah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Rumbai Kab. Mukomuko. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk esai. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 26 dengan kriteria cukup, rata-rata skor observasi siswa sebesar 24 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 33,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 34 dengan kriteria baik, dan siklus III rata-rata skor observasi guru sebesar 39,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 37 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal, pada siklus 1 PKn sebesar 26,5, Bahasa Indonesia 38,2, IPA 35,3, IPS 41,2, Matematika 52,9, SBK 35,3 dan Bahasa Inggris 47,0. Untuk siklus II adalah PKn sebesar 58,8, Bahasa Indonesia 55,9, IPA 44,1, IPS 52,9, Matematika 58,8, SBK 55,8 dan Bahasa Inggris 61,7. semakin meningkat pada siklus III yaitu PKn sebesar 79,4, Bahasa Indonesia 76,4, IPA 76,4, IPS 85,3, Matematika 79,4, SBK 85,3 dan Bahasa Inggris 85,3, karena hasil dari ketiga siklus telah mencapai standar yang telah ditetapkan oleh kurikulum Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Rumbai, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Rumbai Kab. Mukomuko serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:39
Last Modified: 06 Dec 2013 12:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item