PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS Va SD NEGERI NO. 07 KOTA BENGKULU

Kencana , Nila and Sri , Ken Kustianti and Ansyori , Gunawan (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS Va SD NEGERI NO. 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Nila Kencana FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas Va di SD Negeri No.07 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Make A Match dengan Bermain Peran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va Sekolah Dasar Negeri No. 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6.91, dan siklus II 8.00. Daya serap klasikal pada siklus I sebesar 6.91%, siklus II 96.15%. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 24 pada kriteria baik, siklus II 26 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 33 pada kriteria baik, siklus II 35 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:42
Last Modified: 06 Dec 2013 12:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item