PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) SECARA KOOPERATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XF SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Rubianti, Febrina and Sumpono, Sumpono and Elvinawati , Elvinawati (2007) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) SECARA KOOPERATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XF SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-FEB-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-FEB-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X F SMAN 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) secara kooperatif pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X SMAN 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), (4) refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil test. Data diolah dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif sederhana yaitu persentase daya serap dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari analisis hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) secara kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa, dimana ketercapaian daya serap klasikal siklus I sebesar 67,6 %, siklus II sebesar 75,1 %, dan siklus III 76 % dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 76,3 %, siklus II sebesar 81,08 % dan siklus III sebesar 86,8 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:49
Last Modified: 06 Dec 2013 12:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item