UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN”TANDUR” SECARA KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU ( Classroom Action Research )

Nilawati, Ike and Sumpono, Sumpono and Elvinawati , Elvinawati (2007) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN”TANDUR” SECARA KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU ( Classroom Action Research ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-IKE-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-IKE-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam-basa dengan menerapkan “TANDUR” secara kooperatif TGT Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data menggunakan data tes dan lembar observasi. Data dioleh dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu persentase daya serap, ketuntasan belajar secara klasikal, dan rata-rata skor observer. Dari analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan “TANDUR” secara kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat pada : (1) daya serap siswa siklus 1 yaitu dengan skor 66,38% siklus II dengan skor 69.72% dan siklus III dengan skor 71,67%. (2) Ketuntasan belajar klasikal yaitu siklus I dengan skor 58,33%, siklus II dengan skor 77,77% dan siklus III dengan skor 86,11% (3) aktivitas siswa yaitu siklus I dengan ratarata skor 16,5 (Cukup), siklus II dengan rata-rata skor 21,5 (Cukup), dan siklus III dengan rata-rata skor 27,5 (Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:54
Last Modified: 06 Dec 2013 12:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item