PENINGKATAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI 13 KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

Jun Antriyani, Sesni and Bambang , sahono and Victoria , Karjiyati (2009) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI 13 KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
skripsi_sesni FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis media visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SD Negeri 13 Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah Apakah penerapan pendekatan realistic mathematics education berbasis media visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi kreativitas siswa sebesar 19 dengan kategori cukup, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 5,73 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 33,34%. Pada siklus II rata-rata skor observasi kreativitas siswa sebesar 24 dengan kategori baik, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 6,8 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67%. Pada siklus III rata-rata skor observasi kreativitas siswa 27 dengan kategori baik, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 8,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 9,33%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis media visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas V SD Negeri 13 Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:59
Last Modified: 06 Dec 2013 12:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item