PENERAPAN PETA PIKIRAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTLUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS Vc SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Miharlistati, Suryana and Lukman , Lukman and Nur , Asni (2009) PENERAPAN PETA PIKIRAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTLUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS Vc SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SURYANA MIHARLISTATI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu melalui Penerapan Peta Pikiran dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Perekonomian Masyarakat Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara persiklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, ketuntasan dan daya serap kalsikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kreteria. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) pra siklus dengan nilai rata-rata 4,83, ketuntasan belajar klasikal 45,45% dan daya serap 48,33%; (2) siklus I dengan nilai rata-rata 69,24 , ketuntasan belajar klasikal 66,67%, dan daya serap 69,24%, sedangkan rata-rata skor observasi aktivitas guru 41,5 (86,3) termasuk dalam kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 32 (80) termasuk dalam kategori cukup; (3) siklus II dengan nilai rata-rata 82, 27, ketuntasan belajar klasikal 84,85%, dan daya serap 82,27%, sedangkan rata-rata skor observasi aktivitas guru 45 (93,6) termasuk dalam kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 36 (90) termasuk dalam kategori baik. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Peta Pikiran pada Pokok Bahasan Perekonomian Masyarakat Indonesia, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vc SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:02
Last Modified: 06 Dec 2013 13:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item