UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU

Armidi, Syahrizon and Puji, Hartuti and Resnani, Resnani (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Syahrizon Armidi FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IVa SD Negeri 65 Kota Bengkulu pada pembelajaran membaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes akhir, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data terdiri dari analisa data observasi dan analisa data tes, data observasi yang diperoleh digunakan untuk melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran pada siklus yang telah dilakukan dan diolah secara deskriftif dengan penentuan penilaian untuk tiap kriteria menggunakan persamaan: rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Sedangkan analisa data tes digunakan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan rumus: rata-rata nilai dan persentase ketunatasan belajar siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru = 20, termasuk dalam kategori cukup dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 18, termasuk dalam kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata siswa 6,85, dengan ketuntasan belajar klasikal 67,85%; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru = 25,5 termasuk kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 22,5 termasuk dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata siswa 8,39, dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran membaca dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Oleh karena itu disarankan kepada para guru Bahasa Indonesai untuk menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa terutama membaca. Hendaknya guru benar-benar mengarahkan dan membimbing siswa dalam melaksanakan pembelajaran supaya siswa dapat mengalami proses pembelajaran secara sistematis dan fungsional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:05
Last Modified: 06 Dec 2013 13:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item