PENGGUNAAN PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Pirnawati , Tuti and Puspa , Djuwita and Sri, Irawati (2009) PENGGUNAAN PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Tuti Pirnawati FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PKn dan ketuntasan belajar siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu melalui penerapan Peta Konsep Sebagai Media Pengajaran pada pokok bahasan sistem pemerintahan Kota dan Provinsi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 30 termasuk kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 23 termasuk kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kelas 6,6, dan ketuntasan belajar klasikal 64,5 %, (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 33 termasuk kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 27, termasuk kategori baik, sedangkan nilai rata-rata 7,4, dan ketuntasan belajar klasikal 87,1 %. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan peta konsep sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan sistem pemerintahan kota dan provinsi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran PKn dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru PKn untuk menerapkan peta konsep sebagai media pembelajaran terutama pada pokok bahasan sistem pemerintahan kota dan provinsi. Dalam penerapan peta konsep sebagai media pembelajaran hendaknya guru memberikan perhatian yang merata kepada siswa pada saat proses pembelajaran sehingga siswa benar-benar mampu menguasai konsep yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:13
Last Modified: 06 Dec 2013 13:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item