PENERA DALAM APAN STR M PEMBE MENINGK M RATEGI K ELAJARA KATKAN HAMAN PA NEGERI 6 PEMAH SD N Know-Wan AN BAHA KEMAM ADA SISW 65 KOTA nt To Know SA INDO PUAN ME WA KEL BENGKU w-Learned ONESIA U EMBACA LAS IVb ULU d (KWL) NTUK A

Ekwan Epinsi, Ugi and Resnani, Resnani and Hasnawati, Hasnawati (2009) PENERA DALAM APAN STR M PEMBE MENINGK M RATEGI K ELAJARA KATKAN HAMAN PA NEGERI 6 PEMAH SD N Know-Wan AN BAHA KEMAM ADA SISW 65 KOTA nt To Know SA INDO PUAN ME WA KEL BENGKU w-Learned ONESIA U EMBACA LAS IVb ULU d (KWL) NTUK A. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Ugi Ekwan Epinsi FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi Know-Want to know-Learned (KWL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IVb SD Negeri 65 Kota Bengkul dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVb di SD Negeri 65 kota Bengkulu melalui Penerapan Strategi know-want to know-learned (KWL). Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data observasi dan data hasil belajar. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 3 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh ratarata skor 29 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 34,5 dengan kriteria baik serta pada siklus III diperoleh rata-rata skor 37,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 21 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 27,5 dengan kriteria baik serta pada siklus III diperoleh rata-rata skor 29,5 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes membaca pemahaman pada siklus I mendapat nilai ratarata 5,8 dengan kemampuan membaca pemahaman secara klasikal 61,3% , untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 6,4 dengan kemampuan membaca pemahaman secara klasikal 74,2% dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 7,7 dengan ketuntasan kemampuan membaca pemahaman secara klasikal 87,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Strategi know-want to know-learned (KWL) dapat aktivitas siswa dan dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:23
Last Modified: 06 Dec 2013 13:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item