UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENERAPKAN METODE BRAINSTORMING MELALUI KELOMPOK KECIL DI KELAS V SDN 03 PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

Haryanti, Upin and Johanes , Sapri and Sri , Ken Kustianti (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENERAPKAN METODE BRAINSTORMING MELALUI KELOMPOK KECIL DI KELAS V SDN 03 PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Upin Haryanti FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Metode Pembelajaran Brainstorming melalui kelompok kecil di kelas V SD Negeri 03 Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. permasalahan pembelajaran IPS yang dialami oleh siswa antara lain: (1) siswa hanya mencatat dari buku sumber yang ada (2) siswa hanya pasif dan tidak ada proses timbal balik dalam pembelajaran (3) siswa tidak pernah bertanya dan mengungkapkan ide selama pembelajaran berlangsung dan jarang melakukan kerja kelompok (4) siswa tidak berani atau kurang percaya diri jika diminta maju ke depan kelas untuk mengemukakan gagasan, dan (5) hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian yang dilakukan dalai penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 35 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II ratarata skor aktivitas siswa meningkat menjadi 32. Kemudian untuk hasil data tes siklus I mendapat nilai rata-rata 6,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,21 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode pembelajaran Brainstorming melalui kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPS khususnya di kelas V SD Negeri 03 Pondok Suguh kabupaten Mukomuko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:27
Last Modified: 06 Dec 2013 13:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item