PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS IVB SDN 07 KOTA BENGKULU

Suzanah, Yayuk and Bambang , sahono and Victoria , Karjiyati (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS IVB SDN 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Yayuk Suzanah FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVB SD N 07 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode snowball throwing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 23,5 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 36 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 27 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 65,6% dengan nilai rata-rata 7,25. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IVB SD N 07 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:38
Last Modified: 06 Dec 2013 13:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item