UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Divisions) DI KELAS V SDN 65 KOTA BENGKULU

Atman, Zairul and Sri , Dadi and Dalifa, Dalifa (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Divisions) DI KELAS V SDN 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Zairul Atman FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 65 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions); (2) meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SDN 65 Kota Bengkulu; (3) meningkatkan kualitas proses pembelajaran PKn di kelas V SDN 65 Kota Bengkulu dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD; dan (4) mengidentifikasi pendapat siswa tentang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan disetiap siklus terdiri dari dua kali petemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 65 Kota Bengkulu yang terdiri dari 38 orang pada tahun pelajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, angket ,dan wawancara. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Angket digunakan untuk mengidentifikasi pendapat siswa. Sedangkan wawancara digunakan sebagai bahan masukan lebih lanjut guna perbaikan tindakan yang berikutnya. Hasil analisis belajar siswa menunjukkan nilai persentase ketuntasan belajar klasikal 52,21% dengan nilai rata-rata 6,41 pada siklus I, meningkat 75% dengan nilai rata-rata 7,0 pada siklus II. Untuk aktivitas guru diperoleh rata-rata skor 29,7 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi 36,2 dengan kriteria baik pada siklus II. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 14,4 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata skor 16,2 dengan kriteria baik. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapa dikategorikan baik, karena rata-rata persentase yang diperoleh adalah 80,004%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa,dan kualitas proses pembelajaran PKn di kelas V SDN 65 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:50
Last Modified: 06 Dec 2013 13:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item