Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Active Learning Menggunakan Teknik Sepak Bola Verbal Dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu

Anjasmoro, Anjasmoro and Rusdi, Rusdi and Saleh, Haji (2009) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Active Learning Menggunakan Teknik Sepak Bola Verbal Dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ANJASMORO_A1C005003_-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Active Learning menggunakan teknik pembelajaran Sepak Bola Verbal dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan model Active Learning menggunakan teknik Sepak Bola Verbal sedangkan kelas kontrol pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Student t. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Active Learning menggunakan teknik Sepak Bola Verbal dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 4.1273 dan ttabel = 1.9895 sehingga thitung > ttabel dalam taraf signifikan 5%. Selain itu perbedaan hasil belajar juga dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata hasil Posttestnya adalah 70.502 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61.906.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 14:56
Last Modified: 06 Dec 2013 14:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item