Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu

Sulistiawati, Diah and Rusdi, Rusdi and Irsal, Idris (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Penerapan Model Pem-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 9 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40 orang, yang terdiri dari 21 siswa laki- laki dan 19 siswa perempuan. Dari hasil analisis keaktifan siswa yang diukur dengan lembar observasi aktivitas diperoleh peningkatan keaktifan siswa mulai dari siklus I hingga siklus III. Sedangkan hasil belajar juga menglami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa yang semula 63,35 pada siklus I meningkat menjadi 68,55 pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 73,15 pada siklus III. Sedangkan persentase keberhasilan belajar pada siklus I sebesar 67.5%, meningkat menjadi 80% pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 90% pada siklus III. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah : a) Cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok pada pembelajaran matematika di kelas VII sehingga siswa menjadi aktif adalah : (1) guru membagi kelompok dengan cara memperhatikan kemampuan akademik serta faktor lain yang mampu mempengaruhi kelancaran pembelajaran, (2) guru harus benar-benar mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, (3) guru memberikan apersepsi yang jelas, (4) guru benar- benar memperhatikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, (5) guru memotivasi dan mengarahkan siswa yang berkemampuan tinggi untuk membantu siswa yang berkemampuan rendah, dan (6) guru memberikan motivasi yang tinggi agar siswa mau berpartisipasi aktif saat berdiskusi. b) Cara meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok adalah; (1) siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki sendiri materi yang ingin mereka pelajari, (2) siswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan materi yang sudah didapat seperti dengan mengerjakan latihan soal, (3) siswa diberi PR untuk membangkitkan minat belajar siswa dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 15:02
Last Modified: 06 Dec 2013 15:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item