UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PROBLEM POSING MELALUI DISKUSI KELOMPOK (Classroom Action Research)

Sari, Lusiana Eka Puspita and Bahar, Amrul and Elvia, Rina (2007) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PROBLEM POSING MELALUI DISKUSI KELOMPOK (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-LUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-LUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna dengan menerapkan metode pemberian tugas problem posing melalui diskusi kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1)perencanaan, (2)pelaksanaan tindakan, (3)observasi, (4)refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data tes hasil belajar diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana, yaitu nilai rata-rata, persentase ketercapaian dan ketuntasan belajar klasikal. D Berdasarkan analisis nilai siswa dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa penerapan metode pemberian tugas problem posing melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan aktivitas siswa, dimana pada siklus I rata-rata skor 20,5 dengan kategori cukup, siklus II rata-rata skor 29 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor meningkat menjadi 34,5. Untuk hasil belajar siswa, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal 56,41 %, pada siklus II 80,00 % dan ketuntasan belajar klasikal semakin meningkat pada siklus III menjadi 86,84 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 06 Dec 2013 15:37
Last Modified: 06 Dec 2013 15:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item