PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN

Noviarni, Triana and Hermansyah, Amir and Nyoman, Rohadi (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TRIANA NOVIYARNI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan pada pokok bahasan hidrokarbon khususnya pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Numbered Head Together) dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA semester 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Siswa kelas XA terdiri dari 32 orang siswa, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 20 orang siswa dan 12 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, angket, lembar tes dan tugas rumah. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif, yaitu suatu teknik yang mendeskripsikan data dari sumber data melalui lembar observasi dan hasil belajar. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 62,56, siklus II meningkat menjadi 66,71 dan siklus III meningkat menjadi 71,39. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 23,3, pada siklus II berada pada kategori baik dengan dengan rata-rata skor 27 dan rata-rata skor 29 pada siklus III dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:26
Last Modified: 06 Dec 2013 23:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3766

Actions (login required)

View Item View Item