Perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat di kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu

Peanti, Gusti and Zamzaili , Zamzaili and Irsal, Idris (2009) Perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat di kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
GUSTI PEANTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa melalui pembelajarannya yang menerapkan kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat. (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajarannya yang menerapkan kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel diambil secara cluster sampling dari populasi terjangkau (siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu). Berdasarkan nilai UAS semester I, Kelas VII B dipilih sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi sedangkan kelas kontrol hanya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisa data dihitung menggunakan t-test pooled varians. Harga t0,975 dengan dk = 62 adalah 1,99 dengan persyaratan, data berdistribusi normal (diuji dengan Liliefors) serta homogen (diuji dengan fisher). Dari hasil analisis angket motivasi, didapat thitung = 4,51246 artinya ada perbedaan rata- rata motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan untuk hasil belajar, dari analisis didapat thitung = 2,205501, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:59
Last Modified: 06 Dec 2013 23:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item