Hamsaruddin, Hamsaruddin and Zamzaili , Zamzaili and Rusdi, Rusdi (2009) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran dan Modalitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
HAMSARUDDIN-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki modalitas belajar visual, modalitas belajar auditorial, dan modalitas belajar kinestetik, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (3) Pengaruh interaksi antara penerapan metode pembelajaran dan modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 3 x 2. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran (ekspositori dan inkuiri), variabel atribut yaitu modalitas belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara multi stage sampling, sehingga diperoleh 27 siswa dari kelas VII A sebagai kelompok sampel yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode ekspositori dan 27 siswa dari kelas VII B sebagai kelompok sampel yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode inkuiri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik two ways Anova, LSD dan one Ways Anova. Berdasarkan analisis dengan taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa. (1) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki modalitas belajar visual, modalitas belajar auditorial, dan modalitas belajar kinestetik, (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki modalitas belajar visual antara yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (4) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki modalitas belajar auditorial antara yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki modalitas belajar kinestetik antara yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (6) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan memiliki modalitas belajar visual atau auditorial atau kinestetik, (7) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri dan memiliki modalitas belajar visual atau auditorial atau kinestetik,(8) Ada pengaruh interaksi antara penerapan metode pembelajaran dan modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 00:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 00:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3784 |
Actions (login required)
View Item |