Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Bengkulu.

Weni, Weni and Irsal, Idris and Rusdi, Rusdi (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
WENI (A1C005025).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana cara mengelola model pembelajaran kooeparatif tipe Numbered Head Together (NHT) sehingga dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran matematika, (2) Untuk mengetahui bagaimana mengelola pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Releksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.D SMA Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2008/2009, yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan tes. Data hasil tes dianalisis nilai rata- rata dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head-Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, yaitu dengan cara sebagai berikut: guru akan selalu memberi penghargaan atau pun pujian kepada siswa yang memberi tanggapan terhadap presentasi hasil diskusi, baik bertanya maupun menjawab. Hasilnya pada siklus I keaktifan siswa berada pada kriteria cukup dengan rata-rata 25, pada siklus II skor rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi 29 dan berada pada kriteria baik, pada siklus III skor rata-rata keaktifan siswa juga meningkat menjadi 32,5 dan berada pada kriteria baik. (2) Pembelajaran metematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara sebagai berikut: guru memberi PR kepada siswa yang tidak tuntas. Hasilnya adalah nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa , yaitu: pada siklus I adalah 60,3, siklus II adalah 68,83 dan siklus III adalah 70,33. Dengan ketuntasan belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu: 83,33%; 83,33% dan 86,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:13
Last Modified: 07 Dec 2013 00:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item